Untung Rugi Beli Rumah KPR, Pelajari Dulu Sebelum Mengajukan Untung atau Buntung

Untung Rugi Beli Rumah KPR

Untung Rugi Beli Rumah KPR, Dalami Dahulu Saat sebelum Ajukan Banyak orang tidak dapat merealisasikan mimpi punyai rumah baru dengan cara membeli secara kontan. Hingga mereka tidak dapat punyai rumah baru. Bila untung, kita dapat pinjam uang dari keluarga atau mitra. Hingga kita dapat punyai rumah. Tetapi harga rumah tidak murah. Belum pasti keluarga atau mitra mempunyai uang nganggur beberapa ratus juta rupiah.

Opsi yang biasanya diambil adalah membeli rumah dengan service KPR. Mana sebetulnya yang memberikan keuntungan, beli rumah KPR atau kontan?

Pasti tidak ada opsi yang prima. Semua opsi ada kekurangan dan keunggulannya sendiri. Untung rugi selalu menemani. Karena itu, dalami dahulu saat sebelum membeli rumah dengan KPR.

Untung Rugi Beli Rumah KPR

Apa keuntungan membeli rumah KPR
Apa keuntungan membeli rumah KPR

Apa keuntungan membeli rumah KPR?

  1. Dengan membeli rumah KPR, dana besar yang anda perlukan mendapati jalan keluarnya. Anda tidak perlu menabung lama, pinjam ke seseorang, atau mempersiapkan dana sendiri. Cukup pinjam ke satu faksi, dalam masalah ini bank, dan keperluan tercukupi. Anda perlu mempersiapkan uang muka, dan ongkos KPR.
  2. Dengan membeli rumah KPR, masalah validitas rumah terjaga. Bank dan notaris terang mengecek validitas rumah supaya sesuai ketentuan. Rumah tidak sedang dalam status disengketakan, atau rebutan hak waris. Bank perlu pastikan validitas ini, karena rumah itu bisa menjadi agunan dana yang anda pinjam.
  3. Agunan asuransi. Dengan pilih KPR anda sebagai debitur ditanggung asuransi. Rumah anda, umumnya ditanggung asuransi kebakaran. Sebagai debitur, anda tidak perlu kuatir bila ada apa-apa di periode angsuran. Keluarga atau pemilik waris anda tidak akan dibebani angsuran bila anda wafat di tengah-tengah periode angsuran.
  4. Anda dapat memakai rumah untuk keperluan produktif. Membeli furniture rumah pada tempat vital, membuat anda dapat memakainya sebagai property yang produktif. Contoh bila rumah yang anda beli di dekat universitas atau kantor, anda dapat sewakannya. Hingga angsuran yang perlu anda penuhi dapat ditutup dari ongkos sewa yang anda dapatkan dari penyewa.

Tetapi ada selalu bagian lain dari sebuah opsi. Membeli rumah KPR membuat anda harus memikul banyak hal. Apa kerugiannya?

  1. Harga rumah jatuhnya menjadi lebih mahal bila dibanding dengan membeli secara kontan. Ini karena anda akan dibebani dengan bunga angsuran. Di lain sisi, saat ikrar credit, ada beberapa biaya yang perlu anda tanggung.
  2. Bila tidak berhasil mencicil, rumah dapat diambil alih bank. Ya, bank akan mengambil alih rumah anda bila angsuran anda tidak lancar. Karena, rumah yang anda menempati jadi jaminan dan sertifikatnya pada tangan mereka. Apa lagi bila keadaan ekonomi sedang tidak konstan, bunga bank akan naik-turun. Sementara pendapatan anda tidak pasti tiba darimanakah, hingga angsuran anda macet.
  3. Ada ongkos penalti. Bila di tengah-tengah periode angsuran mendadak anda mempunyai dana besar dan dapat membayar KPR, aka suara ongkos penalti yang dikenai. Umumnya, nilainya dalam jatah demikian % dari nilai credit yang belum anda lunasi. Apabila sudah menyaksikan pemikiran untung ruginya, anda dapat putuskan apa ingin membeli rumah KPR atau kontan.