Cara Finishing Furniture Pantai Ekstra Halus

Cara Finishing Furniture Pantai Yang Halus
Cara Finishing Furniture Pantai Yang Halus

Bagaimana cara finishing furniture pantai yang halus – Mempunyai kayu unik di dalam rumah dan ingin jadi furniture pantai atau vila pribadi? Atau sedang punyai project finishing furniture untuk hotel tepi pantai? Hasil finishing yang extra lembut dengan warna prima diperlukan dalam project seperti ini.

Untuk mereka yang awalnya tidak mempunyai pengalaman untuk mengecat furniture yang heavy duty seperti bangku dan meja pantai, tidak jadi masalah. Pada intinya untuk lakukan finishing furniture pantai, prosesnya tidak berbeda jauh dengan furniture yang lain.

Untuk memperbaiki produk buatan kayu berbahan coating kita dapat manfaatkan spray gun yang hendak membuat permukaan coating kayu lebih lembut dibanding kuas.

Untuk mereka yang kebingungan bagaimana finishing memakai spray gun untuk hasil optimal ini, dapat ikuti trik finishing di bawah ini.

Cara Finishing Furniture Pantai Extra Lembut dan Halus

Cara Finishing Furniture Pantai Yang Halus
Cara Finishing Furniture Pantai Yang Halus

Untuk memperoleh finishing extra lembut, perlu memakai banyak tehnik dan saat yang benar-benar lama. Ini terjadi pada finishing kepentingan heavy duty, finishing unik dengan program glaze atau ingin menggandakan warna patina.

Sayang, umumnya furniture pantai malah tidak diberlakukan sama. Finishing sembarangan cukup dengan varnish dan kuas saja tidak memperbaiki kualitas dan warna furniture kayu. Apa lagi bila maksudnya untuk dipakai di hotel atau vila.

Agar finishing yang kita kerjakan kelihatan lembut dan prima, spray gun ialah alat yang diperlukan. Proses finishing dengan spray gun dapat semakin cepat usai dengan hasil terbaik.

Ada lima trik yang dapat dilaksanakan berikut untuk raih keberhasilan mendapatkan permukaan furniture pantai yang didambakan.

1. Mengampelas Susunan Coating Pertama

Diperlukan susunan coating pertama untuk menahan naiknya minyak kayu. Susunan coating pertama ini akan mengamankan minyak kayu hingga serat kayu masih tetap terlihat prima. Untuk hasil prima coating pertama ini harus diampelas secara benar.

Coating pertama kali yang disebutkan dengan cat dasar kayu ini tidak lain ialah sanding sealer. Anda dapat mengimplementasikannya di atas kayu langsung atau setelah mengimplementasikan wood filler. Yakinkan permukaan telah lembut saat sebelum memakai sanding sealer.

Tipe sanding sealer yang terbaik untuk dapat mengamankan serat kayu ialah sanding sealer water based. Bila memakai sanding sealer water based ini, yakinkan bahan finishing yang lain berpelarut sama.

Cara Finishing Furniture Pantai keunggulan mebel jepara dibandingkan furniture jati lain
keunggulan mebel jepara dibandingkan furniture jati lain

Saat mengampelas, kerjakan trik khusus dengan memakai ampelas nomor 400. Tanpa mesin ampelas atau balok kayu sebagai bantalan, kita dapat mengamplas langsung dengan tangan. Tanpa perlu banyak penekanan, ampelas permukaan sanding sealer searah serat kayu.

Perlu beberapa menit untuk mengampelas satu tempat ke tempat yang lain. Tidak boleh terlampau lama-lama di satu titik hingga susunan coating tidak habis. Untuk bersihkan sisi kayu yang telah diampelas, cukup lap dengan kain kering yang bersih.

2. Atur Tehnik Menyemprotkan

Tehnik menyemprot cat ditujukan supaya permukaan media memperoleh leveling yang rata, tidak sagging dan ada struktur seperti kulit jeruk. Oleh karenanya, perlu pelajari tehnik menyemprot cat secara benar.

Pertama, atur jarak penyemprotan sekitaran 15 sampai 20 cm dari nozzle ke atas kayu. Tehnik ini dilaksanakan untuk menghindar dampak kulit jeruk pada permukaan kayu karena jarak yang terlampau dekat atau jauh.

Ke-2 , jauhi berlangsungnya sagging dengan membuat larutan coating yang pas sesuai viskositas yang disarankan. Viskositas yang terlampau encer akan membuat dampak sagging semakin besar dibanding yang viskositasnya tepat.

Ke-3 , gerakkan tangan secara cepat supaya penimbunan susunan coating awalnya menjadi lebih alami. Tehnik ke-3 ini akan didapat bila kerap latihan. Agar bisa ketahui apa hasil finishing lembut, dapat menyaksikannya dari refleksi sinar. Untuk yang telah terlatih dengan tehnik menyemprotkan, hasilnya akan lebih cepat lembut.

3. Atur Spray Gun

Selainnya tehnik, saat memakai alat kita harus juga tahu bagaimana alat itu dioperasionalkan. Bagaimana proses cat keluar tabung dan sejauh mana penekanan yang diperlukan.

Penataan alat ini nanti akan disamakan dalam jarak dan pergerakan tangan. Oleh karenanya, penting untuk atur penekanan udara pada spray gun dan penataan yang lain saat sebelum mengimplementasikannya pada furniture pantai.

Bila tidak mau ada dampak orange peel karena itu kita harus tingkatkan penekanan udara atau menipiskan permukaan coating yang disemprot. Jika coating yang diterapkan tipis, cat harus diterapkan ulangi. Coating yang diterapkan harus tebal, hingga pengaplikasi seringkali tidak jadi masalah.

Untuk memperoleh penekanan udara yang pas, awali dengan buka kontrol pada spray gun ke penekanan maksimal pada regulator secara perlahan-lahan. Misalkan kita memakai compressor dengan penekanan optimal 20 atau 30 psi, karena itu kita dapat awali dengan buka kontrol pada spray gun di angka 5 sampai 10 psi lebih dulu. Selanjutnya semprot ke lain, kita akan menyaksikan skema semprotan dari spray gun.

Membuka kembali penekanan udara dan kita akan menyaksikan skema yang semakin besar. Saat menyemprot spray gun, harus jaga jarak dan status penyemprotan yang serupa.

Saat kita memperoleh skema yang tidak begitu lebar dan beberapa titik cat tidak kekecilan karena itu itu penataan yang akurat. Kita bisa memakai spray gun yang sudah kita seting itu untuk program cat pada furniture pantai.

4. Mengampelas Susunan Di Bawah Coating Akhir

Susunan akhir pada furniture yang disebut clear coat seharusnya diterapkan 2x. Dengan trik ini, coating bisa menjadi tebal dan sanggup memberinya pelindungan yang lebih bagus.

Cara Finishing Furniture Pantai kamar set mewah asli mebel jepara
kamar set mewah asli mebel jepara

Namun susunan clear coat yang pertama harus diampelas saat sebelum diterapkan susunan ke-2 . Proses pengamplasan ini penting dan punya pengaruh besar sekali pada hasil finishing yang paling lembut.

Tehnik pengampelasannya tidak berbeda jauh dengan pengampelasan sanding sealer. Kita dapat memakai ampelas nomor 400 dan pakai saat coating telah kering. kita tidak perlu menanti sepanjang malam sampai dapat diterapkan coating di tahapan ke-2 , karena coating yang baik akan kering selesai 60 menit.

5. Pakai Polyurethane

Penyeleksian coating akhir jadi penetapan kita memperoleh furniture pantai yang hasilnya lembut. Dibanding varnish biasa, coating berbahan polyurethane punyai penampilan hasil lebih glossy.

Kelebihan Biothane Sebagai Bahan Finishing Kayu

Biothane 2K yang disebut polyurethane water based jadi opsi terbaik untuk finishing furniture heavy duty. Hasil finisingnya yang mengkilat ditambahkan proses program yang gampang membuat jadi produk favorit.

Sepanjang Anda memakai Biothane, pelindungan furniture dan penampilannya akan terjaga. Berikut beberapa keunggulan yang didatangkan oleh Biothane 2K.

Produk Yang Tidak Beracun

Sebagai produk dengan pelarut air, Biothane 2K tidak membuat pencemaran udara. Bahan yang dipakai tidak beracun jadi benar-benar aman untuk diterapkan dengan spray gun atau kuas. Ciri-ciri uniknya ialah tidak memunculkan berbau.

Produk Yang Cepat Kering

Tak perlu menanti sepanjang malam bila ingin membuat dua susunan coating. Perlu menempatkan furniture dalam ruangan yang kering lalu nantikan hinga 60 menit yang lalu coating akan jadi kering dan siap untuk diampelas.

Produk Dengan Daya Lekat Kuat

Kita akan mendapati kelebihan dari sisi kerekatanannya. Daya lekat yang tinggi sekali membuat coating tidak gampang rengat atau hancur.

Produk Dengan Pelindungan Komplet

Furniture akan memperoleh pelindungan pada peralihan cuaca ekstrim, bahan kimia atau air. Benar-benar pas sebagai bahan finishing untuk furniture pantai.