Tips Memilih Bahan Finishing Furniture Pantai Berkualitas

Tips Memilih Bahan Finishing Furnitur Pantai Berkualitas,
Tips Memilih Bahan Finishing Furnitur Pantai Berkualitas,

Cara Memilih Bahan Finishing Furniture Pantai Terbaik dan Berkualitas – Keawetan furniture pantai sering jadi perhatian besar yang diperhitungkan perajin furniture khusus wilayah pantai. Udara yang memiliki kandungan garam berperanan besar sekali untuk memunculkan kerusakan pada substrat kayu.

Kelembapan udara di pantai yang tinggi sekali bersatu garam akan percepat oksidasi pada furniture kayu. Karena itu, produk finising yang tahan dengan keadaan ini jadi rumor yang perlu tidak usai diulas sampai kapan saja. Terhitung, cat kayu outdoor yang dipakai pun tidak bisa sekadar varnish exterior saja.

Lantas apakah bahan finising terbaik yang seharusnya dipakai? Apa ada produknya di Indonesia? Agar Anda tidak kebingungan memilih, turuti tips di bawah ini.

B>Bahan Finishing Furniture Pantai Berkualitas

figure id="attachment_1233" aria-describedby="caption-attachment-1233" style="width: 640px" class="wp-caption aligncenter">Tips Memilih Bahan Finishing Furnitur Pantai Berkualitas
Tips Memilih Bahan Finishing Furnitur Pantai Berkualitas

7>7 Faktor Yang Tentukan Bahan Finising Furniture Pantai

p>Banyak faktor yang penting diperhitungkan saat memilih cat untuk furniture pantai. Baik itu dari keelokan penampilan, atau bagaimana kualitas cat dapat membuat perlindungan substrat kayu. Cat yang dipakai harus juga cocok dengan semua tipe kayu.

Memerhatikan beberapa faktor yang penting diperhitungkan itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda turuti saat sebelum tentukan opsi pada satu tipe cat.

K>Ketahanannya

p>Faktor yang pertama ini berkorelasi dengan seberapa banyak susunan coating yang dipakai. Makin banyak lapisannya karena itu ketahanan permukaan furniture pantai akan makin baik.

Oleh karenanya, memakai satu susunan varnish saja kurang cukup untuk finising. Anda perlu menimbang pemakaian cat dasar kayu, entahlah wood filler atau sanding sealer. Ada pula susunan stain yang memberinya warna sekalian pelindungan.

Paling akhir ialah susunan clear coat yang bekerja sebagai perlindungan khusus. Ketahanan ini bisa juga diperhitungkan dari sheen tingkat. Antara semua opsi tingkat glossy, clear coat yang bagus lebih tahan gores ialah gloss.

R>Rendah VOC

p>Volatile Organic Compound atau voc ialah bahan logam berat yang dipakai untuk membuat bahan finising bak itu cat atau varnish. Logam berat dapat memunculkan pencemaran pada udara yang beresiko untuk kesehatan manusia.

Orang yang mengisap udara bersatu voc akan rasakan pusing dan mual. Sudah pasti ini benar-benar bisa saja terjadi pada furniture pantai yang hendak dipakai . Maka akan lebih bagus untuk memilih bahan finising yang rendah voc.

Minimal, kandungan voc agar lebih rendah dari 5 gr per liternya. Anda dapat memilih bahan finising berpelarut air.

W>Waktu Kering

p>Faktor seterusnya yang penting diperhitungkan ialah lama kering dari coating yang diterapkan. Susunan pertama harus betul-betul kering saat sebelum Anda mengimplementasikan susunan ke-2.

Tips Memilih Bahan Finishing Furnitur Pantai Berkualitas keunggulan mebel jepara dibandingkan furniture jati lain
keunggulan mebel jepara dibandingkan furniture jati lain

Karena ada beberapa susunan coating yang dipakai, pasti Anda harus cari mana cat sama waktu kering paling cepat. Harus dipahami jika cat minyak umumnya memerlukan waktu 6 sampai 8 jam untuk kering dan siap diampelas, dan cat berpelarut air cuman memerlukan waktu kering 60 menit saat sebelum mengimplementasikan coating ke-2 . Waktu kering dipacu oleh temperatur udara, pada keadaan lembab, coating akan jadi kering semakin lama.

K>Ketahanan Warna

p>Ingat furniture pantai dipakai di tempat panas yang terserang cahaya uv langsung, karena itu masalah ketahanan warna perlu menjadi perhatian. Walau Anda akan mengecat furniture dengan warna alami, tidak berarti penampilan terbuka tidak dapat berbeda.

Sebagian besar bahan finising solvent akan berbeda berwarna jadi kuning karena sering terserang cahaya uv. Pemicunya ialah kandungan formalin yang tinggi akan bereaksi dengan cahaya matahari.

Seharusnya tentukan bahan finising yang mempunyai kandungan formalin terendah hingga warna tetap sama menguning.

K>Ketahanan Saat Terjadi Peralihan Cuaca

p>Cat yang baik harus dapat menangani semua jenis cuaca yang terjadi di pantai. Polyurethane ialah tipe bahan finising yang terkuat membuat perlindungan kayu dari beragam tipe cuaca.

Penekanan udara, belum juga peralihan cuaca mencolok di tepi pantai sering terjadi. Anda bisa memakai varnish exterior yang tahan peralihan cuaca, polyurethane mempunyai kelebihan untuk cuaca ekstrim.

Polyurethane ialah tipe bahan yang bahkan juga lebih bagus dari cat acrylic. Di pasar ada dua tipe polyurethane sama seperti dengan varnish yakni water based dan oil based.

K>Ketahanan Pada Cuaca

p>Indonesia mempunyai dua musim saja, ini sebetulnya mempermudah untuk cari cat pas untuk furniture pantai dibanding negara dengan 4 musim. Di sejauh pantai, cuaca yang terjadi lebih ekstrim dibanding daerah yang lain. Ketahanan cat dari cuaca dapat disaksikan dari kerekatannya. Makin baik daya rekatnya karena itu cat sanggup bertahan di dalam waktu lama di cuaca apa saja. Dalam kurun waktu sekian tahun di depan Anda tak perlu cemas cat akan terkelupas atau hancur.

Banyak hal yang dapat jadi perhatian untuk memilih cat dengan kelebihan ini ialah tahan pada cahaya uv atau tahan dengan jamur dan lumut.

M>Memilih Cat Dengan Bahan Pelarut Yang Sama Saat Proses Recoating

figure id="attachment_1201" aria-describedby="caption-attachment-1201" style="width: 1024px" class="wp-caption aligncenter">Tips Memilih Bahan Finishing Furnitur Pantai Berkualitas kamar set mewah asli mebel jepara
kamar set mewah asli mebel jepara

Tingkat kesesuaian dari tiap-tiap susunan coating harus disamakan dengan tipe bahan finising. Kecocokannya ini dapat ditetapkan dari tipe bahan pelarut yang dipakai. Ini penting untuk dimengerti saat akan mengecat furniture baru atau recoating, karena cat dengan bahan pelarut berlainan tidak bersatu dan mempunyai daya lekat sesuai yang diharapkan.

Sebagai contoh, furniture pantai yang Anda punyai dahulunya dilapis dengan coating berbasiskan solvent. Anda perlu memakai clear coat berbasiskan solvent bila ingin membenahi penampilannya. Tetapi bila Anda ingin ganti ke cat berbasiskan air karena itu coating lama harus di hilangkan lebih dulu.

Jadi seharusnya Anda memakai bahan finising yang tipe pelarutnya sama semenjak awalnya.

C>Cat Untuk Furniture Pantai Yang Direkomendasikan

p>Mempunyai daya lekat kuat dan berbasiskan air dan penuhi faktor-faktor yang lain di atas, Anda dapat memilih produk Biothane. Produk polyurethane berbasiskan air ini semakin aman dipakai karena kandungan vocnya telah terbatasi.

Limitasi pemakaiannya juga sudah disamakan dengan European Chemical Agen atau ECHA. Untuk Anda yang merencanakan mengecat furniture pantai yang terhitung furniture heavy duty memerlukan susunan Biothane sebagai alternatif varnish biasa.

Kelebihan yang dijajakan selainnya penuhi ke-7 faktor di atas diantaranya,

M>Membuat Susunan Film Lentur

p>Peralihan cuaca membuat furniture kayu gampang berbeda wujud hingga susunan coating harus juga ikuti peralihannya. Biothane mempunyai susunan lentur hingga coating tidak gampang cracking apa lagi terkelupas.

M>Mempunyai Ketahanan Bahan Kimia

p>Bukan hanya tahan cuaca dan cuaca saja, Biothane tahan pada bahan kimia. Tidak ada bintik saat furniture pantai terserang bahan kimia, apa lagi udara lembab bersatu dengan garam.

G>Gampang Diterapkan

p>Proses mengimplementasikan Biothane tidak terlampau susah sama seperti dengan varnish biasa. Anda dapat memakai alat semprot untuk mengimplementasikannya secara rata. Produk cepat kering dan bebas sagging.

T>Tidak Memunculkan Berbau

p>Sebagai produk aman rendah voc, kelebihan langsung Anda alami ialah produk tidak memunculkan berbau menusuk. Sepanjang proses finising bahkan juga penggunaan furniture tidak ada berbau mengusik.